Senin, 20 April 2015

Jalan-Jalan ke Pulau Jemur



Banyak yang tidak tahu jika Pulau Jemur, yang dapat dikatakan sebagai pulau terluar di Indonesia ini menyimpan keindahan tiadatara. Tak heran jika di tahun 2009, pulau ini sempat hampir diklaim oleh Malaysia menjadi salah satu bagian wilayahnya. Namun kenyataan berkata lain, karena Raja Siak memiliki sertifikat kepemilikan pulau ini, dan pulau yang menjadi wilayah Malaysia adalah pulau Jemur yang merupakan wilayah kerajaan Selangor.


Dimana Letak Pulau ini?

 



Jika banyak yang tidak mengetahui dimana letaknya, maka secara umum pulau ini berada di Provinsi Riau. Tepatnya di kabupaten Rokan Hilir dan dapat ditempuh selama kurang lebih 2,5 sampai 3 jam dari Bagansiapiapi yang merupakan ibu kota Pekanbaru. Adapun transportasi untuk menuju kesana adalah:

  1. Angkutan darat baik umum maupun kendaraan pribadi dari Pekanbaru menuju ke pelabuhan Bagansiapiapi. Biasanya perjalanan ini dapat ditempuh kurang lebih 8 jam.
  2. Selanjutnya anda dapat menggunakan kapal fery untuk menyeberang ke pulau Jemur.

Apa yang bisa ditemui disana?

 



Jika anda berniat untuk bermalam di penginapan disana, lebih baik urungkan saja. Karena pulau ini tidak berpenduduk dan hanya didiami oleh pos TNI yang menjaga wilayah terluar Indonesia. Namun anda tetap wajib kesana karena anda akan menemukan pantai tenang berpasir putih lembut, ribuan ikan yang akan membuat anda betah memancing dan yang terpenting anda akan menemukan habitat alami penyu hijau disini. Dunia mencatat, penyu ini adalah jenis yang langka dan hampir punah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar