Selasa, 05 Mei 2015

Tips dan Transportasi ke Pulau Kemaro



Pulau Kemaro merupakan sebuah delta yang berada di Muara Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan. Pulau ini berada sekitar 6 km dari Jembatan Ampera dan 40 km dari Palembang. Ditempat ini terdapat beberapa objek wisata dan ramai dikunjungi terutama ketika Imlek dan Cap Go Meh. Diantaranya yaitu sebuah vihara cina yaitu Klenteng Hok Tjing Rio dan kuil Budha. Terdapat pula makan putri Palembang yang berada di sebuah kuil.


Tips untuk ke pulau kemaro


Beberapa tips untuk Anda sebelum berlibur ke Pulau Kemaro, diantaranya yaitu:

·       Transportasi dengan speedboat dengan waktu 10-15 menit namun mahal atau perahu ketek dengan waktu 30-45 menit namun lebih murah.
·         Biaya yang dibayarkan adalah biaya pulang pergi.
·         Sebaiknya Anda menawar harga atau biaya perahu.
·         Sebaiknya membawa bekal sendiri.
·         Memakai baju yang nyaman dan lengan panjang.
·         Waktu berkunjung sebaiknya saat pagi atau sore.


Legenda pulau kemaro


Di Pulau Kemaro terdapat legenda seorang putri raja bernama Siti Fatimah yang dinikahi saudagar Tionghoa, Tan Bun An. Mereka dihadiahi tujuh buah guci ketika pulang ke Palembang. Tan Bun An melihat hadiah tersebut ketika di perairan Musi dan kaget karena isinya hanya sawi asin dan langsung membuangnya ke sungai. Namun ternyata didalamnya terdapat hadiah lain. Dia terjun ke sungai untuk mengambil guci kembali, diikuti pengawalnya untuk membantu dan Siti Fatimah. Namun ketiganya tidak muncul dan tidak ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar