Senin, 04 Mei 2015

Tips dan Transportasi ke Pulau Pasumpahan





PulauPasumpahan merupakan salah satu pulau tidak berpenghuni. Pulau ini terdapat di perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Padang, Sumatra Barat dan berjarak 45 km dari Padang. Nama pasumpahan diambil karena masyarakat sekitar percaya jika tempat tersebut merupakan jelmaan dari Malin Kundang yang dikutuk ibunya. Pulau tidak berpenghuni ini memiliki luas 5 ha dengan hamparan pasir putih dan air 3 warna bening di pinggir, hijau dan biru di area yang lebih dalam. Sebuah pulau yang cantik untuk Anda para pecinta wisata pantai.

Kegiatan dan transportasi


Di Pulau Pasumpahan terdapat kehidupan laut yang indah termasuk 21 jenis ikan kepe-kepe sehingga cocok untuk melakukan penyelaman atau berenang karena arus cukup tenang. Untuk mencapai pulau ini yaitu dengan cara:

1.       Sungai Pisang-Pasumpahan dengan perahu kayu atau speedboat yang memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan biaya Rp 35.000/orang atau bernegosiasi untul harga Rp 75.000/ 10 orang untuk pulang pergi.
2.       Pelabuhan Teluk Bayur-Pasumpahan dengan menyewa perahu nelayan.



Tips


Karena pulau ini tidak memiliki penghuni, terpencil, dan memiliki dermaga yang kurang terawat maka Anda harus lebih berhati-hati. Anda harus membawa peralatan berkemah dan bekal makanan serta air minum yang diperlukan. Kotak p3k, lotion anti nyamuk, sunblock sebaiknya juga dibawa. Kedalaman 10 meter dibawah air laut merupakan area yang paling bagus untuk menikmati keindahan kehidupan laut terutama terumbu karang jika Anda melakukan penyelaman. Anda juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian pulau ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar